Gabung XKOMODOTCOM Discord Server

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

Bikin artikel review ROG Phone 6 seru nih kayaknya, by the way sudah lama nggak nulis artikel soal smartphone di blog pribadi, kayaknya terakhir bikin ulasan serius soal HP tuh sekitar 3 atau 4 tahun lalu gitu. Berhubung lagi nyantai dan kebetulan juga pegang unit ROG Phone 6 jadi sekalian aja kita buat ulasan lengkap soal smartphone gaming ini.

Siap-siap, artikel ini akan sangat panjang dan detail pakai banget … plus saya bisa jamin tulisan kali ini bakal jadi artikel review ROG Phone 6 terbaik di Indonesia (mungkin juga akan jadi tulisan terbaik di website ini selama karir saya ngeblog), di Indonesia loh yah bukan di lingkup internasional aka global.

Soalnya saya juga sadar diri soal level ilmu review di dunia teknologi saat ini tuh masih belum advanced banget. Oh iya … for your information aja nih, kalau saya ngetik artikel ini cuma pakai 5 jari aja loh (tangan kanan) soalnya tulang pada 3 jari di tangan kiri saya (jari manis, tengah, dan telunjuk) lagi proses recovery habis patah tulang karena kecelakaan motor tanggal 13 Oktober 2022 pukul 19:44 WIB, Kamis lalu (lumayan nyut-nyut rasa ini tangan tiap hari, soalnya dipasang pen).

Tenang-tenang, di website saya tidak akan jualan kisah sedih demi mendapatkan empati ataupun dukungan kok. Saya cuma mau sharing sedikit aja soal keadaan saya saat ini, biar kamu tahu (meski nggak penting-penting amat), yah … itung-itung sebagai pengingat pribadi (diri sendiri) kalau-kalau mau mengingat kenangan pernah mengalami tragedi yang mengerikan & menyakitkan di tahun 2022.

Plus sekalian mau kasih tahu ke kamu & diri saya sendiri juga kalau dalam kondisi yang tidak fit atau terbatas seperti saat ini, kita tuh masih bisa beraktifitas seperti biasa (bikin content). Jadi jangan bermalas-malasan apalagi sampai cari-cari alasan untuk tidak berkarya, selama masih bisa gerak, GASSS AJA!!! sampai limit kamu habis.

7 Alasan Kenapa Harus Pilih ROG Phone 6

Sekarang kita mulai lanjut bahas soal smartphone gaming ROG Phone 6, kebetulan saya sudah pakai ROG Phone 6 sejak rilis pertama dan memang sudah terbiasa menggunakan smartphone gaming sebagai daily use, khususnya ROG Phone series. Jadi saya tuh sebenarnya sudah pakai ROG Phone sejak generasi pertama (ROG Phone I) lalu pakai ROG Phone II, dan ROG Phone 3 (main daily device saat ini). Lalu sekarang punya kesempatan pakai ROG Phone 6 biasa bukan yang versi pro, cuma generasi ROG Phone 5 dan ROG Phone 5s doang yang nggak pernah saya coba.

Jadi seharusnya review saya kali ini soal ROG Phone 6 bisa dijadikan referensi yang mendekati objektif buat kamu, saat ingin memiliki smartphone gaming ini. Setidaknya pengalaman saya pribadi selama menggunakan HP gaming aka ROG Phone series bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan pilihan nantinya.

Sebelum kita lanjut membahas secara detail mengenai spesifikasi dan performance si ROG Phone 6, saya sudah rangkum pengalaman saya selama menggunakan smartphone gaming ini menjadi 7 alasan kenapa harus pilih ROG Phone 6. Coba dibaca aja dulu, supaya kamu tahu gambaran besar seperti fitur dan teknologi apa saja yang membuat smartphone gaming ini jadi istimewa dan menyandang gelar sebagai smartphone terkencang di dunia versi AnTuTu Benchmark (rank #1 leaderboard) saat artikel ini dibuat.

1. Top Killer

Review ROG Phone 6 Killer

ROG Phone 6 menggunakan prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform, prosesor ini merupakan versi paling mutakhir dari premium-tier milik Qualcomm®. Jadi jangan heran kalau semua game berat di Play Store bisa dilibas habis apalagi cuma jalanin permainan atau game casual, enteng banget dimainin di ROG Phone 6.

Bahkan untuk jalanin aplikasii editing foto ataupun video juga tidak ada masalah, performa dari ini HP emang nggak cuma untuk gaming aja, untuk content creator ngerjain project atau bikin content lewat HP pun bukan jadi halangan lagi, overkill banget emang HP satu ini.

Semua performance yang tinggi itu berkat adanya prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform di dalam smartphone gaming ROG Phone 6,

2. Performance + Power Efficiency Together

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

Prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform memang memiliki performance yang tinggi bahkan tercepat saat ini, namun teknologi super cepat seperti itu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika tidak dibarengi dengan pendukung yang terbaik juga.

ROG Phone 6 memiliki sistem pendingin GameCool 6, sistem ini memiliki desain termal optimal yang mampu mendinginkan CPU dari segala arah. Jadi posisi desain di dalam ROG Phone 6 itu di desain sedemikian rupa supaya bisa menghambat penyebaran panas dari CPU serta bisa menekan suhu si prosesor itu juga.

Makanya meskipun prosesornya bekerja dengan kondisi yang berat sekalipun, suhunya akan tetap terjaga berkat sistem pendingin GameCool 6 ini, untuk jelasnya nanti di bawah akan saya jelaskan lebih deatail.

Berkat teknologi pendingin yang ditanamkan di ROG Phone 6, prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform mampu mengeluarkan semua performanya dengan maksimal tanpa masalah termasuk power efficieny yang dimilikinya, nggak heran meskipun performance -nya kencang tapi konsumsi daya –nya tetap terjaga normal bahkan naik 20% lebih baik dari generasi sebelumnya.

3. Design Futuristic

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

Desain ROG PHONE 6 tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah jelas bagus pakai banget nggak ada duanya. Di mana lagi kamu bisa nemuin smartphone gaming tapi punya Aura RGB Ligthing dengan desain logo dot-matrix ROG Fearless Eye di bagian belakang bodi.

Aura RGB Ligthing ini bisa diatur warna dan skema pencahayaannya, itu untuk desain ROG Phone 6 biasa. Kalau ROG Phone 6 Pro, dia memiliki ROG Vision yang mampu menampilan beragam animasi yang bisa muncul sesuai scenario yang terjadi, seperti ada notifikasi panggilan, saat charging baterai, X MODE aktif dan sebagainya. ROG Vision memiliki 6 macam animasi yang bisa lihat pada layar yang berukuran 2 inci di bagian belakang ROG Phone 6 Pro.

Selain ke-2 fitur itu, pemilihan bentuk desain dengan warna storm white dan phantom black juga membuat desain dengan aksen garis-garis serta tulisan seperti dare to play, join the republic, for those who dare, ROG 06, dan logo Republic of Gamers pada bagian bodi belakang membuat tampilan ROG Phone 6 atau pun ROG Phone 6 Pro terlihat futuristik dan smartphone gaming banget, beda dari yang lain.

4. The Amazing Display

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

HP performa kencang akan tetap jadi kentang kalau tidak punya layar yang ciamik bagusnya, ibarat makan mie rebus tanpa nasi + telur, nggak akan enak. Layar pada ROG Phone 6 memiliki refresh rate tertinggi saat ini yaitu 165Hz.

Saat smartphone gaming lain masih di 120Hz – 144Hz, si ROG Phone 6 sudah bisa hadir dengan layar 165Hz dan memiliki 720Hz touch-sampling rate yang memungkinkan dengan 23ms touch latency bisa membuat kita jauh lebih nyaman saat bermain game-game yang membutuhkan kecepatan seperti game competitive (PUBG Mobile, Free Fire, CODM dll).

Saya udah cobain langsung main game dengan layar ROG Phone 6, memang terasa banget perbedaannya. Smooth banget waktu dimainin. Nanti di bagian test dan benchmark di bawah akan saya share gameplay saat main game pakai ROG Phone 6, supaya kamu dapat gambaran jelasnya.

Selain layar yang memiliki kecepatan luar biasa, ROG Phone 6 ini sudah mendukung HDR10+ yang memungkinkan layar mampu memberikan akurasi layar sedetail mungkin (Delta-E < 1 color accuracy) berkat Samsung AMOLED Display dan teknologi DC dimming, ROG Phone 6 bisa memanjakan mata kita saat bermain game dengan visual yang tajam dan tentunya juga melindungi mata kita dari paparan sinar atau cahaya biru di smartphone, karena ROG Phone 6 sendiri juga sudah dilengkapi dengan teknologi Eye Cere Display.

Sekali pun akurasi warna yang kaya dan tajam, warna ataupun cahaya yang dipancarkan pada layar akan tetap aman di mata manusia, makanya waktu saya coba untuk main game berjam-jam tidak membuat mata saya jadi lelah ataupun perih berair, jadi tetap aman main game lama-lama di ROG Phone 6. Meskipun begitu, tetap ingat waktu dan tanggung jawab, jangan terlalu terlena dalam dunia game hingga lupa waktu ya.

5. Built Like a Monster

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

Bukan ROG Phone series namanya kalau hadir bukan dengan kapasitas baterai yang besar. Yuups … ROG Phone 6 hadir dengan kapasitas baterai 3000mAh + 3000mAh, total 6000mAh. Baterai pada ROG Phone 6 sengaja di desain menjadi 2 bagian demi mendapatkan desain yang optimal untuk sistem pendingin GameCooling 6. Sehingga posisi prosesor dan baterai tidak saling tumpang tindih dan bisa tetap menjaga suhu antar komponen dengan baik.

Dengan begitu suhu pada baterai juga bisa terjaga dan ini membuat performa baterai juga jadi efisien. Makanya ROG Phone 6 ini bisa tahan seharian dan cukup charge battery hanya satu kali untuk pemakaian normal sehari-hari. Biasanya sata charge jam 21:00 -an malam sebelum tidur, ketika penuh saya cabut dan tinggal tidur, begitu seterusnya.

Kalau saat main game saya paling sering sambil di charge dan memanfaatkan fitur bypass charge. Fitur apa ini? ini tuh fitur yang memungkinkan si ROG Phone 6 menjalankan mesinnya langsung mengambil daya dari kabel adapter (listrik) bukan dari baterai, jadi mau main berapa jam pun baterai tidak akan habis.

Fitur bypass charge ini juga bagus untuk memperpanjang umur baterai itu sendiri. Makanya setiap main game saya selalu aktifkan fitur ini. Percuma HP kencang kalau untuk bermain game langsung habis baterainya, pasti bosan dong main bentar udah harus charge lagi. Untungnya si monster ROG Phone 6 ini mampu bertahan hingga berjam-jam untuk main game ataupun nonton film, bahkan bisa bertahan 24 jam nonstop tanpa harus takut baterainya soak atau rusak (boncos).

6. Change The World

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

ROG Phone 6 bukan sembarangan smartphone gaming, ROG Phone 6 meskipun menyandang gelar sebagai si monster tercepat di dunia (saat ini), dia juga memiliki ketajaman mata aka kamera yang tidak kalah saing bagusnya.

Resolusi kamera utama 13MP dengan Sony® IMX766 dengan 50MP image sensor pada kamera utama mampu menangkap dunia dalam satu genggaman, cakep loh kameranya. Beneran nggak bohong ini, lihat saja nanti di bawah, beberapa hasil jepretan random kamera ROG Phone 6 saya, pasti kamu juga akan setuju untuk bilang bagus.

Vision with action can change the world

J.A. Baker

Sensor yang dipakai ini bukan sembarang sensor loh, ini termasuk sensor premium-tier juga yang dimiliki sama Sony®. ASUS emang tidak pernah main-main kalau menghadirkan gadget mereka, sekali bikin produk flagship maka jeroannya juga harus paling atas alias top-tier.

Yang saya suka dari kamera ROG Phone 6 adalah ketajaman warna yang dihasilkan karna kameranya support pengambilan gambar dengan teknologi HDR10+ di video mode. Jadi kalau kita mau bikin video estetik pakai smartphone gaming kayak ROG Phone 6, bisa banget.

7. Rare Beast

Review ROG Phone 6, Performa, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2023

Sistem audio GameFX pada ROG Phone 6 memiliki fitur speaker ganda simetris yang letaknya ada pada bagian atas dan bawah layar membuat pengalaman mendengarkan efek suara streo yang benar-benar seimbang antara kri dan kanan (saat posisi horizontal/miring).

Teknologi audio yang dikembangkan bersama spesialis audio Dirac membuat ROG Phone 6 benar-benar menjadi monster langka, smartphone gaming yang punya performa kencang tapi juga memiliki kualitas audio yang mengagumkan, apalagi sudah streo. Tentu ini suatu keunggulan yang tak terbantahkan untuk smartphone gaming karena mampu memberikan pengalaman yang luar biasa saat bermain game, dengerin musik, maupun nonton film.

Berkat adanya teknologi Snapdragon Sound™ dan aptX™ Adaptive codec, audio resolusi tinggi bisa dihadirkan dengan kualitas mendekati suara atau rekaman musik aslinya, nggak heran suara yang dihasilkan ROG Phone 6 memang beneran gurih ditelinga.

Waktu saya test untuk main game PUBG Mobile, suara langkah (step) atau tembakan musuh bisa terdengar jelas arah/posisinya dari mana. Untuk nonton film MCU di disney+ atau film Netflix pun hasil layar + audionya manteb banget.


Unboxing ROG Phone 6

Spesifikasi dan performance

Itu adalah gambaran singkat tentang fitur dan teknologi yang ada pada ROG Phone 6, sekarang kita akan bahas secara lengkap dan detail mulai dari hardware, software, kemudian bagaimana performance nya.

Sebelum lanjut, alangkah baiknya saya share terlebih dahulu detail device yang saya gunakan, sebagai berikut:

ROG Phone 6 yang saya gunakan dalam review artikel kali ini yang versi 16GB/256GB warna storm white, terlihat dari aplikasi bawaan kalau device ini memilki kecepatan clock CPU 2.8GHz di waktu idle nya. Kamu bisa lihat sendiri pada screenshot aplikasi seperti CPU-Z atau AIDA64 berapa banyak sisa memory dan storage yang ada pada device.

For your informatin lagi nih, kalau untuk ROG Phone 6, kita udah nggak pakai kode seperti ZS661KS pada ROG Phone 3. Tapi pakai kode AI2201, itu adalah kode produk dari ASUS ROG Phone 6 secara global.

Prosesor

ROG Phone 6 menggunakan prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang memiliki clock speed up to 3.2GHz dengan architecture 64-bit dan GPU Qualcomm® Adreno™ 730. Prosesor ini diklaim memiliki performa lebih baik dari generasi prosesor Qualcomm® sebelumnya.

Prosesor premium-tier ini memiliki performa kecepatan 10% lebih baik dan memiliki power efficiency sebesar 30%, dari peningkatan ini Qualcomm® mengklaim kalau prosesornya bisa menambah waktu dari pengurangan daya tahan baterai jadi lebih lama saat digunakan seperti nonton film bisa jadi lebih lama 80 menit dan web browsing bisa mencapai 50 menit. ASUS sendiri mengklaim saat devices nya menggunakan prosesor ini sebagai otak yang menggerakkan ROG Phone 6 series, ternyata performa CPU meningkat 15%, performa GPU meningkat 50%, dan power efficiency pada CPU pun meningkat 20%.

Peningkatan ini dihitung dari performa CPU & GPU ROG Phone 5 series sebelumnya, artinya ini ROG Phone 6 memang mengalami peningkatan yang signifikan terutama performa GPU nya sampai 50% gitu. Ini dibuktikan juga dari ranking hasil AnTuTu Benchmark, ROG Phone 5 menduduki ranking #31 sedangkan ROG Phone 6 series menduduki peringkat #1.

Untuk mengetahui detail spesifikasi dari Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform, kamu bisa lihat screenshot CPU-Z & AIDA64 berikut:

Sistem Operasi

Seperti yang sudah kamu lihat tentang informasi device yang saya gunakan, ROG Phone 6 menggunakan OS android 12 sebagai OS default atau versi android pertama saat rilis resmi.

Itu artinya nanti ROG Phone 6 akan menerima pembaruan atau update OS android hingga 2 kali atau lebih tepatnya bisa upgrade ke android 14. Untuk versi firmware saat ini yang saya gunakan adalah 32.2810.2209.197, versi ini menurut saya stabil dan tidak terlihat ada bug fatal atau masalah yang mengganggu, jadi bisa saya bilang aman-aman saja jika nanti kamu sudah membelinya dan langsung melakukan pembaruan firmware (saya lebih rekomendasiin ke kamu, langsung update saja).

Untuk fitur atau desain UI/UX terbaru di android 12 tidak ada yang signifikan tapi tampilan dan experience nya terasa lebih smooth dan nyaman dari pada versi android 11, itu yang saya rasakan. Dan paling penting, di android 12 kamu bisa matikan kamera dan mic secara manual melalui taskbar atau menu pengaturan di HP.

Jadi semisal nih kamu takut HP disadap atau di- hack dan semacamnya, kamu akan tahu atau bisa melihat notifikasi di atas layar, kalau camera/mic sedang digunakan oleh aplikasi apa saja. Dari notifikasi ini pun kamu bisa mematikan camera/mic, fitur ini benar-benar dimatikan sehingga aplikasi apapun tidak akan bisa menggunakan camera/mic sebelum kamu mengaktifkannya kembali secara manual.

Memori

ROG Phone 6 memiliki memori sebesar 8GB, 12GB, 16GB dan 18GB. Untuk ROG Phone 6 yang dijual di Indonesia secara resmi menggunakan memori 8GB & 12GB, sedangkan ROG Phone 6 Pro menggunakan memori 18GB. Jangan heran kenapa unit saya sedikit berbeda, karna unitnya bukan resmi produk yang dijual di Indonesia tapi secara keseluruhan memiliki spesifikasi yang sama dan tidak ada perbedaan apapun.

Untuk jenis memori yang digunakan semuanya jenis LPDDR5. Ini merupakan tipe yang digunakan ROG Phone 6 series ini adalah tipe teknologi terbaru yang ada pada memori, untuk mendukung kinerja prosesor yang kencang tentu membutuhkan memori yang mampu berjalan dengan mengimbangi kecepatan tersebut.

Penyimpanan

Penyimpanan ROG Phone 6 UFS 3.1 256GB dan untuk ROG Phone 6 Pro UFS 3.1 512GB, meskipun UFS 3.1 bukanlah teknologi penyimpanan terbaru saat ini tapi dengan menggunakan penyimpanan UFS 3.1 di smartphone gaming itu sudah lebih dari cukup karena storage ini memiliki kecepatan read 1954.1MB/s dan write 1648.8MB/s.

Ini merupakan angka yang bagus jika dibandingkan dengan penyimpanan pada smartphone gaming lainnya. Saya coba untuk memindahkan file video 4K durasi 3menit 12detik sebesar 2.19GB antar folder di penyimpanan internal bisa berjalan lancar tanpa ada masalah.

Layar

ROG Phone 6 - Teknologi Layar

ROG Phone 6 menggunakan layar 6.78″ 20.4:9 (2448 x 1080) 165Hz / 1ms Samsung AMOLED. Layar ROG Phone 6 sudah dilindungi dengan Corning® Gorilla® Glass Victus, jadi tidak perlu ragu untuk bermain game di smartphone gaming ini. Saya pun selama ini menggunakan smartphone ROG Phone series tanpa pengaman seperti anti gores, layarnya masih baik-baik saja.

Saya tidak pernah menggunakan anti-gores supaya saat main game tidak kesat dan warna yang dihasilkan tetap natural dan sesuai dengan kualitas layar aslinya, masak iya kita beli HP mahal-mahal trus pakai anti-gores murahan yang harganya 20K-100K. Sudah bikin warna layar jadi tidak akurat, buat main game malah kesat-kesat.

Berdasarkan pengalaman saya main game di ROG Phone 6, jempol nggak pernah terasa keset di layar. Untuk main game seperti PUBG Mobile atau Mobile Legend pun tidak ada masalah, semua lancar dan nggak akan keset di jempol.

Kamera

Kamera utama ROG Phone 6 13MP menggunakan sensor Sony® flagship IMX766 50 MP image sensor, sensor yang digunakan termasuk lebar jika dibandingkan dengan sensor kamera flagship smartphone gaming lainnya yaitu 1/1.56” large sensor size. Aperture nya berada di F1.9, lumayan bokeh untuk kelas smartphone gaming. Kamera utama memiliki focal length 23.8mm dan film camera 35mm, masih ok untuk digunakan saat merekam video ataupun mengambil foto.

Kamera ke-2 13MP Ultrawide-angle dengan focal length12.5m dan film camera 35mm, dan kamera ke-3 5MP untuk macro. Jangan heran kalau saat menggunakan kamera utama ataupun kedua untuk mengambil video jadi lebih zoom-in atau dekat karna focal length yang digunakan adalah 35mm.

Dan kamera depannya 12 MP dengan focal length 27.5mm & 35mm, lumayan zoom-in kalau untuk take video menggunakan kamera depan atau nge-vlog.

Supaya lebih jelas soal hasil kameranya, saya share aja hasil kameranya di bawah dan kamu nilai sendiri.

Hasil Foto Kamera Utama – Auto Mode

Hasil Kamera Utama – Video 4K 30FPS with HDR ON + Stabilization Normal

Hasil Kamera Utama – Video 4K 60FPS – Stabilization Normal – HDR Off

Hasil Kamera Utama – Video FHD 60FPS with Stabilization Hypersteady + HDR Off

Hasil Kamera Utama – Video FHD 60FPS with Hypersteady On + Audio Recording

Hasil Foto Kamera Selfie – Auto Mode

Hasil Kamera Selfie – Video FHD 60FPS with Stabilization Normal – Auto Mode

Bagaimana menurut kamu hasil kamera dari ROG Phone 6 di atas? coba tulis pendapat kamu di kolom komentar ya. Kalau menurut saya sih kameranya OK banget dan jernih, apalagi video di outdoor, hasilnya memuaskan kok. Apalagi audio -nya yang tetap bisa kedengaran jelas di video, padahal di lokasi saya banyak banget suara bising seperti motor dan suara pemanggil burung walet. Audio yang tertangkap bisa jernih dan detail seperti ini berkat Tri-microphones dengan ASUS Noise Reduction Technology, emang beneran bagus banget ya, saya sendiri pun tidak expect kalau ini smartphone gaming bisa mengisolasi suara bising dan suara kita ngomong serapi itu, speechless banget dah sama kehebatan ROG Phone 6 ini, luar biasa!

Oh iya, bonus nih.

Saya ada record video ASMR unboxing ROG Cetra II Core Moonlight White pakai ROG Phone 6 juga (indoor di studio), coba cek video berikut:

Hasil Benchmark

3DMark – Wild Life Extreme Stress Test

Geekbench 5

AnTuTu V9

Test Main Game

PUBG Mobile

https://www.youtube.com/shorts/yjX21mirw-w

ROG Phone 6 saya coba untuk main game seperti PUBG Mobile engan setting -an Smooth – 90FPS, sangat enak banget. Terutama respon layar dan AirTrigger yang cepat jadi sesuai banget dengan respon kecepatan skill individu kita. Lihat saja, ketika saya menekan tombol AirTrigger untuk menembak, hampir tidak ada miss di tiap tembakan saya.

Suhu saat main PUBG Mobile itu variatif, kalau kamu setting rata kanan semua tentu device bisa panas sampai di suhu 47-48°C. Tapi kalau kamu setting normal suhu device kisaran 38-42°C. Untuk setting -an terbaik main PUBG Mobile di ROG Phone 6, saya sarankan gunain graphics Smooth 90FPS + Anti-Aliasing 2x. Dijamin overkill banget kamu nanti main, suhu rata-rata selalu di bawah 42°C kalau main di pengaturan ini.

Selain suhu terjaga dengan baik, kamu bisa main game dengan kondisi baterai penuh jadi lebih lama, bisa sampai 4 jam lebih kalau brightness kamu setting di bawah 65% dan suara tidak lebih dari 55%.

Device yang bagus memang menentukan sekali skill kita, tanpa ROG Phone 6, saya yakin nggak akan bisa main PUBG Mobile seperti itu, auto jadi noob banget yang ada wkwkw

Genshin Impact

Test Game ROG Phone 6 - Genshin Impact

Saya coba main Genshin Impact dengan pengaturan rata kanan + 60FPS, suhu mencapai dititik tertinggi yaitu 48°C. Meskipun suhu sampai sehangat ini, performa gaming nya tidak turun dan tetap lancar tanpa ada lag sedikit pun.

Saran saya jika kamu ingin bermain game dengan pengaturan rata kanan, lebih baik pakai AirActive Cooler 6, biar suhu bisa tetap terjaga dan nyaman saat digunakan.

Main Genshin Impact setting normal + 60FPS menurut saya sudah lebih dari cukup dan nyaman buat dimainin, saat main di pengaturan ini suhu nya bisa terjaga di 40-44°C tergantung suhu ruangan kita.

Kalau mau lebih dingin lagi dan tahan lama, lebih baik setting low + 60fps saja.

Assoluto Racing

Test Game ROG Phone 6 - Assoluto Racing

Terakhir saya coba main game Assoluto Racing, main game balapan bisa graphics setting normal dengan refresh rate 165Hz, terasa seru banget main game balapan dengan refresh rate kencang seperti ini.

Ketika saya coba untuk bermain game balapan ini refresh rate tertinggi bisa dapat di 156Hz dan terendah di 138Hz tapi rata-rata saat dimainin mampu bertahan di kisaran 142Hz – 150Hz, ini lumayan mantab banget sih buat main game balapan.

Untuk test game nya saya rasa cukup 3 game ini saja untuk bisa mewakili hasil test untuk bermain game di ROG Phone 6, kalau kamu punya pertanyaan atau request main game apa aja di ROG Phone 6, bisa sampaikan aja di kolom komentar, nanti akan saya coba.

Performa Baterai

Dalam kondisi idle suhu baterai ROG Phone 6 hanya berkisar 30°C-32°C dan saat digunakan browsing, sosial media atau nonton video, suhu nya hanya berkisar di 34°C-38°C saja. Tentu hasil suhu pada device juga dipengaruhi oleh suhu ruangan atau sekitar.

Untuk konsumsi dayanya sendiri saya coba untuk nonton tiktok, buka-buka sosial media dan upload foto + video, selama dari jam 18:53 WIB – 22:53WIB baterai hanya berkurang sekitar 20% saja, untuk pemakain normal ROG Phone 6 bisa bertahan hingga seharian bahkan screen on time lebih dari 8 jam pun bukan lah hal yang sulit, saya biasanya charge ROG Phone 6 ini ketika 1 jam sebelum mau tidur.

Soalnya saya nge- charge ROG Phone 6 tuh nggak sampai 1 jam biasanya sudah penuh (lihat gambar ke-3 di atas), itu pun saya pakai adapter 30W, kalau saya pakai adapter 65W pasti bisa lebih cepat lagi full charge nya.

Kesimpulan

Menurut saya pribadi smartphone gaming seperti ROG Phone 6 ini sudah tidak perlu diragukan lagi soal spesifikasi dan performanya, sudah sepantasnya kalau ROG Phone 6 menyandang gelar sebagai raja smartphone gaming 2022, udah nggak ada lawan lagi.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober – 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek di sini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000. So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

DISCLAIMER
* Video unboxing milik urbandigital.id.
** Hasil foto dan video yang saya posting di artikel ini mengalami penurunan kualitas gambar & audio karna proses data compression ketika di upload ke internet.
*** Device yang saya gunakan untuk tulisan di artikel ini adalah ROG Phone 6, informasi yang terbaca di aplikasi benchmark sebagai ROG Phone 6 Pro hanya kesalahan deteksi nama pada device.
**** Untuk informasi lebih jelas atau detail mengenai harga serta spesifikasi lengkapnya bisa baca di halaman website ROG Phone 6.

The Review

ROG PHONE 6

4.6 Score

ROG Phone 6 adalah smartphone gaming paling kencang di bumi tahun 2022, smartphone dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang memiliki kecepatan menembus luar angkasa dengan dukungan baterai berkapasitas sebesar monster yaitu 6000mAh mampu membumi hanguskan seluruh game mobile di muka bumi saat ini.

PROS

  • Spesifikasi termutakhir di tahun 2022
  • Desain futuristik banget
  • Performa kencang
  • Baterai besar & tahan lama
  • Kamera bagus
  • Fitur gaming lengkap
  • Banyak aksesori game pendukung
  • Layar luas + bagus untuk nge- game & nonton film
  • Speaker + mic jernih
  • Ada port audio jack 3.5mm

CONS

  • Lumayan berat untuk yang tidak biasa dengan smartphone gaming
  • Lumayan besar untuk ukuran tangan yang kecil
  • Harga lumayan mahal
  • Fitur HyperSteady tidak tersedia di kamera depan
  • Bodi lebih tebal dari smartphone pada umumnya
  • Agak sulit untuk digunakan mengetik dengan satu tangan

Review Breakdown

  • Specification
  • Performance
  • Design
  • UI/UX
  • Price

ROG PHONE 6 DEALS

We collect information from many stores for best price available

Best Price

Rp10999000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended Product

Banner ASUS Online Store - Diskon 500K
Promo Hosting Murah di Jagoan Hosting

Recommended Videos

For You