Gabung XKOMODOTCOM Discord Server

Review ASUS ROG GX800: Laptop Dewa Seharga Mobil Untuk Para Sultan

1
SHARES
427
VIEWS

Review ASUS ROG GX800: Laptop Dewa Seharga Mobil Untuk Para Sultan. ASUS Republic Of Gamer (ROG) resmi meluncurkan laptop spek dewa termahal saat ini di indonesia, beberapa hari lalu ASUS menggelar event peluncuran mainan para sultan ini di jakarta.

Kenapa saya bilang mainan para sultan ?

RelatedPosts

karna harga nya selangit bro (bagi saya tidak mungkin bisa beli ini laptop), Laptop Gaming ROG GX800 ini di bandrol nyaris 100jt atau sama dengan harga mobil dah.

Review ASUS ROG GX800 - Tampak Belakang

ROG GX800 sekilas kalau dari luar memang tampak mirip sama versi laptop gaming premium milik asus yang lain nya, sebut saja GX700 keluaran sebelum nya.

Body luar tampak terlihat warna metalic grey atau abu – abu mengkilap dan di tengah nya ada logo ROG serta garis tegas di kedua sisinya yang membuat kesan premium nan megah.

Yah walaupun cewek matre tetep, tidak akan bisa bedain mana laptop harga 20 jutan sama yang 90 jutan. Desain GX800 dengan GX700 kalau kita perhatikan tentu ada perubahannya kok.

Pada GX800 terlihat lebih tegas design premiumnya dan tidak hanya itu saja, Spesifikasi nya pun sudah di upgrade dari versi sebelumnya.

Review ASUS ROG GX800 - Intel Core i7 7820HK Spec

Processor Intel Core i7 7820HK salah satunya, di versi GX700 masih menggunakan i7 6820HK 4GHz.

Di versi GX800 sudah menggunakan CPU terbaru dari intel yaitu berkepala 7 atau biasa kita sebut seri Kaby Lake, tentu seri ini lebih baik dari seri sebelumnya (Skyelake) tidak hanya dari segi Over Clock (OC) yang mampu bekerja hingga 4.6GHz saja.

Perbedaan Spesifikasi GX700 vs GX800

Processor Intel Core i7 7820HK sangat menunjang kinerja Laptop Spek dewa ini. Bayangkan saja dalam 1 laptop terdapat NVIDIA Geforce GTX 1080 SLI 16GB (artinya ada 2 Graphic Card GTX 1080 8GB di dalam laptopnya) tentu sih laptop harus membutuhkan CPU yang support dengan teknologi terbaru dan tercanggih pastinya.

Review ASUS ROG GX800 - GX700 vs GX800

Mulai dipasangin Memory 64GB DDR4, SSD M.2 PCIEX4 NVMe 512 x 3, jalanin di layar 4K UHD 18.4″ dengan Anti Glare IPS LED Backlight + G-Sync.

Tentu tanpa hadirnya CPU i7 7820HK yang merupakan keluaran terbaru dari intel ini di dalam GX800, performa Notebook gaming ini tidak akan bisa optimal.

Makanya ASUS tidak tanggung – tanggung bikin laptop gaming ini, semua Hardware dan teknologi terbaru di masukan dalam 1 wadah, jadi tidak heran kalau harga nya bisa puluhan juta, tapi kamu jangan bandingin sama ngerakit PC gaming ya, soalnya beda segmen kalau itu.

Sebenarnya laptop gaming spek dewa ini tidak cuma untuk main game dengan high-resolution aja loh, dengan spek yang tinggi tentu membuat kinerja laptop sangat kita butuhkan untuk menemani kerja kita sehari – hari seperti editing & ngerender video atau membuat animasi / Design 3D dan sebagainya.

Apalagi jaman sekarang yang lagi booming dengan namanya vlogging, kalau ngerender video kualitas FHD 1080p / UHD 4K kayaknya bakal di libas dengan cepat dan tidak butuh waktu lama.

Review ASUS ROG GX800 - Cinebench

Selain CPU yang udah Kaby Lake, kamu juga harus tahu hardware gahar lainnya yang bikin ini GX800 menyandang nama notebook dewa, yaitu Storage / penyimpanan data menggunakan M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0. SSD yang menggunakan PCIEX4 dengan kecepatan transfer 4x lebih cepat dibandingkan dengan koneksi penyimpanan data SATA3.

Karna kalau saya boleh bilang PCIEX4 merupakan media koneksi penyimpanan data tercepat saat ini, kecepatan nya itu bisa mencapai 20GB/s (bayangin aja kamu transfer film yang sizenya bergiga-giga di dalam laptop ini trus selesai nya cuma dalam hitungan jari).

Selain cepat, menggunakan PCIEX4 lebih aman dan tahan lama, semisal satu keping SSD di dalam GX800 rusak, dua keping lain nya tetap aman kok.

Udah mulai melek kan, seberapa gahar dan cepatnya kinerja laptop ROG GX800. CPU Kaby Lake dikombinasikan dengan SSD SM951 dengan fitur NVMe M.2 PCIEX4 (katanya SSD SM951 dari samsung ini merupakan Solid State Driver tercepat di abad ini loh).

Ditambah RAM 64GB, mau pakai GTX 1080 SLI dan layar UHD 4K, main game di setting paling tinggi atau ngerender video kualitas tinggi bukan jadi masalah untuk GX800.

Desain Baru Pada ROG GX800

Ada hal yang menarik lagi dari GX800 selain Hardware yang di miliki, yaitu penampilannya.

Di atas saya kan udah bilang tuh kalau tampilan nya mirip sama dengan generasi sebelum nya, tapi faktanya di seri GX800 asus melakukan perombakan dan di sempurnakan.

Kalau kamu buka laptopnya akan terlihat keyboard GX800 yang sudah menggunakan RGB Mekanikal Keyboard, membuat kita menjadi lebih nyaman saat bermain game / mengetik tanpa takut adanya ghosting, tombol WASD terlihat memiliki warna yang berbeda di bagian sisi yang di kelilingin warna putih.

Key ASUS Gaming Center pindah ke bagian atas berdampingan dengan key macro, video record, serta volume min & max, dan GX800 memiliki trackpad yang responsive serta luas + empuk ketika di tekan.

Logo ASUS ROG yang ada di sebelah kanan juga bisa menyala loh saat di hidupkan dan warna nya pun bisa di setting menggunakan aplikasi ROG Gaming Center (warna keyboard pun juga bisa di setting)

INFO:
Aplikasi ROG Gaming Center merupakan software khusus untuk notebook gaming ROG, gunanya itu untuk mengatur / memanage segala sesuatu yang ada di GX800 hanya dengan menggunakan aplikasi ini.
Intinya kamu punya kendali penuh terhadap GX800 hanya dengan menggunakan aplikasi ROG Gaming Center.

contohnya: mengatur warna keyboard / Led, Over clocking, Mengatur Fan dll.

Aksesoris & Peripheral ROG GX800

Review ASUS ROG GX800 - Antena External GX800.jpg

Selain itu GX800 di lengkapi WiFi Antena Eksternal yang bisa membantu notebook menangkap sinyal WiFi lebih baik dibandingkan WiFi Antena Standar, dalam paket penjualan kita bisa mendapatkan mouse gaming gladius (lumayan lah yah, bisa dapat mouse gaming) meski tidak cuma itu aja sih.

Ada Tas dan Koper untuk menyimpan Docking Watercooling Generasi ke 2.

Review ASUS ROG GX800 - Watercooling

Ngomong-ngomong soal watercooling ini, sebenarnya saya udah tidak sabaran dari tadi mau bahas tentang watercooling ini, watercooling pada GX800 ini berbeda dengan versi di GX700, kalau watercooling generasi pertama cuma mendinginkan 1 GPU aja.

Sedangkan Watercooling generasi ke dua ini bekerja untuk mendinginkan 2 GPU (GTX 1080 SLI) dan 1 CPU i7 7820HK. jadi wajar kalau Watercooling ini menggunakan adaptor atau suplai daya sebesar 330W.

Dan GX800 sendiri juga menggunakan adaptor berdaya 330W (wajar sih, soalnya dalam 1 wadah ada 2 GPU GTX 1080), tapi ASUS mengklaim daya yang di butuhkan ke 2 unit ini jika digunakan bersamaan cuma mencapai 550W kok (kata orang ASUS loh ya).

Lumayan besar ya, hampir sebanding dengan daya yang di butuhkan pc gaming (PC saya pakai PSU 730W, untungnya kost-kostan saya masih ngangkat buat hidupin PC) agar kinerja Notebook + Docking watercooling -nya bekerja dengan optimal membutuhkan daya yang cukup dong pastinya.

Hydro Overclocking Station sebenarnya tidak perlu di pasang juga tidak ada masalah, tanpa menggunakan docking watercooling GX800 masih mampu kita jalankan hingga performanya mencapai 90 persen.

Watercooling ini kita gunakan jika kita ingin menyiksa alias mengoptimalkan kinerja GX800 dengan maksimal, saat kita OC CPU dan GPU ke nilai tertingginya, GX800 baru akan membutuhkan watercooling ini untuk mempertahankan suhu sih GX800 agar tetap dingin dan stabil.

Perlu diingat saat kita tidak menggunakan docking watercooling, secara otomatis GPU SLI akan disable, artinya hanya 1 GPU saja yang aktif pada GX800.

Tanpa Hydro OC Station ini, GX800 sendiri memiliki Fan yang lumayan besar untuk mendinginkan system, cuma yah kalau kita hidupkan dan di seting maximal suara kipas akan terdengar lebih keras dari biasanya namanya juga kipas.

Makanya kalau mau gunain ini Notebook Gaming dalam kondisi performanya 100% lebih bagus pakai Watercooling yang sistem nya udah sama kayak radiator pendingin mobil.

Jadi tidak perlu khawatir meski kamu OC maksimal mesin GX800 akan tetap berada di suhu normal dan tidak akan bikin meledak kok, di tambah kamu bisa melakukan Overclocking dengan mudah di GX800 menggunakan ASUS Gaming Center.

Di sini kamu bisa mengatur Clock Speed GX800 dengan sangat mudah, tinggal klik klik aja. Untuk cara menggunakan Docking Watercooling station ke GX800 juga mudah tinggal di kaitkan aja konektor yang ada di docking dengan notebook.

Review ASUS ROG GX800 - Docking Hydro Overclocking Station

Banyak Fitur Disematkan Ke Laptop Gaming ASUS ROG GX800

Fitur atau kemewahan lainnya yang di miliki ROG GX800 udah Support VR, trus ada NVIDIA G-SYNC yang membuat hasil gerakan gambar game kita menjadi lebih halus serta menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang di hasilkan sih GPU.

Kalau udah punya fitur G-SYNC bisa di jamin tidak akan muncul yang namanya gambar patah – patah saat bermain game di GX800.

Tidak hanya untuk gaming sih, dengan adanya G-SYNC dan display IPS membuat tampilan gambar di layar memberikan akurasi warna dan reproduksi gambar yang lebih baik (Cocok untuk hal-hal seperti fotografi, desain grafis, konten game 3D hingga membuat film).

Selebihnya ada fitur Splendid Technology yang berguna untuk mengatur tampilan / kecerahan layar agar sesuai dengan kenyamanan kita saat menggunakan GX800, ada mode Normal, Eye Care, Vivid, dan Manual.

Review ASUS ROG GX800 - Splendid

Fitur Pendukung Saat Bermain Game di ROG GX800

Untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan ROG GX800, ASUS memberikan fasilitas / fitur seperti:

Dual Array Microphone

Fungsinya untuk menangkap suara dengan jernih saat sedang real time video chat (multiplayer gaming) tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik.

Dengan ditambah teknologi Noise Supression yang mampu membedakan / menyaring suara yang di hasilkan dari mengetik keyboard, suara kipas notebook hingga suara / audio yang di keluarkan game itu sendiri.

Dengan fitur ini lawan bicara kita bisa mendengar suara dengan jelas tanpa da gangguan putus – putus atau kresek – kresek

Review ASUS ROG GX800 - Dual Array Microphone

ASUS GameFirst III

Fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming di banding dengan kebutuhan lain nya di luar gaming.

Dengan fitur ini secara otomatis prioritas bandwidth internet kita akan di alihkan ke dalam game, meski kamu sedang download film atau streaming.

Review ASUS ROG GX800 - ASUS GameFirst III

Benchmark ASUS ROG GX800

Extreme Mode

Optimized Mode

Standar Mode

ROG Game Center

Test Game Settings

Perbedaan Frame Rate Dengan Menggunakan Fitur ROG Game Center

Extreme Mode

Review ASUS ROG GX800 - Game TheDivision Extreme Mode

Optimized Mode

Review ASUS ROG GX800 - Game TheDivision Optimized Mode

Standar Mode

Review ASUS ROG GX800 - Game TheDivision Standar Mode

Spesifikasi & Harga ASUS ROG GX800 (G-Sync)

Main Spec. ROG GX800 (G-SYNC)
CPUIntel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Operating SystemWindows 10 Home
Memory64GB DDR4 up to 2800MHz
StorageM.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
Display18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
Graphics NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output– 1 x Microphone-in/Headphone-out jack,
– 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor,
– 3 x USB 3.0 port(s),
– 2 x USB 3.1 port(s),
– 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert,
– 1 x HDMI,
– 1x Thunderbolt .
Camera Built-in HD camera and array mic
Connectivity Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio– Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster.
– Built-in subwoofer, 4 speakers.
– ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
Dimension
Battery
Price / MSRP Rp. 95.499.000
Warranty 2 years full global warranty

Desain ASUS ROG GX800

Kemeriahan Event Saat Peluncuran ASUS ROG GX800